Kamis, 18 Juli 2013

TENTANG THE 5THGREENBASE


NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama ” The 5th Greenbase

TEMA KEGIATAN
“Marine and Fishery of Economy : Challenge and Oppurtunity on Fishery Industrialization by Context of Blue Economy”

DESKRIPSI KEGIATAN
Greenbase merupakan kegiatan tahunan dari himpunan profesi Resources and Environmental Economics Student Association. Greenbase adalah sebuah kegiatan yang sudah berlangsung sebanyak empat kali pada tahun 2009, 2010, 2011, dan tahun 2012. Kegiatan ini pertama kali yaitu Greenbase 1stdilaksanakan pada 17 Oktober 2009 dan tema yang diangkat adalah mengenai ekonomi lingkungan.

The 2nd Greenbase memiliki sedikit perbedaan dengan Greenbase 1st karena untuk The 2nd Greenbase ini memiliki dua rangkaian acara dan mengambil tema dari Ekonomi sumberdaya, yang dikhususkan dengan Ekonomi Sumberdaya Perairan. Rangkaian yang pertama adalah penanaman pohon. Dalam hal ini lebih dikhususkan pada penanaman pohon bakau di sekitar kawasan pesisir karena pohon bakau sangat penting untuk keseimbangan lingkungan khusunya lingkungan di sekitar pantai untuk menahan abrasi. Rangkaian yang kedua atau sebagai rangkaian Puncak adalah Seminar Greenbase. Seminar ini memberikan informasi mengenai peranan ekonomi sumberdaya khususnya sumberdaya perairan untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di mata internasional dan dapat menaikkan perekonomian bangsa.

The 3thGreenbase mengangkat kegiatan untuk lingkungan. 3th Greenbase ini memiliki beberapa rangkaian acara yang dikhususkan dengan Ekonomi Sumberdaya yaitu dengan temaGreen Economy : Green Environment and Economic Growth”. Rangkaian yang pertama adalah rangkaian perlombaan, lomba-lomba tersebut dimulai dengan  lomba Fotografi yang diikuti oleh tingkat mahasiswa dan SMA dengan tema “Sosok Negriku : dari segi lingkungan serta ekonomi Indonesia”. Rangkaian yang kedua adalah rangkaian Expo  mengenai teknologi dalam perbaikan lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dengan mengundang beberapa perusahaan dan universitas lain di Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Expo tersebut. Rangkaian yang ketiga adalah acara puncak yaitu seminar greenbase.

Pada 4th Greenbase juga mengangkat kegiatan untuk lingkungan. Pada 4th Greenbase memiliki 3 rangkaian acara dengan tema Mangroves Conservation for Reducing Carbon in Developing Countries”. Rangkaian acara yang pertama yaitu melakukan aksi lingkungan dengan tema “Penanaman Bakau untuk Pelestarian Ekosistem Wilayah Pesisir”. Penanaman pohon bakau dilakukan di daerah Pantai Indah Kapuk dengan tujuan mencegah erosi pantai serta menjaga ekosistem yang ada dipesisir pantai. Rangkaian acara yang kedua yaitu mengadakan kegiatan perlombaan. Perlombaan ini terbagi atas 2 jenis perlombaan yaitu lomba fotografi dan lomba film dokumenter yang diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia. Rangkain acara yang ketiga merupakan acara puncak dari greenbase yaitu seminar. Seminar ini memberikan informasi tentang peran hutan mangrove terhadap karbon trading serta menjelaskan hubungan antara hutan mangrove dan carbon trading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar